Foto: Int - Warta Kota Tribunnews

PROFESI-UNM.COM – Hari Bumi adalah hal yang cukup menjadi sorotan di musim semi atau awal tahun. Hal tersebut dirayakan setiap tanggal 22 April dan membuat kita tidak ingin melewatkan hari tersebut dengan tidak melakukan apa-apa.

Mungkin ketika kita kecil kita sudah diarahkan oleh guru kita untuk membuat prakarya yang ada hubungannya dengan daur ulang atau wisata ke taman bunga, hutan pinus dan tempat-tempat wisata hijau lainnya.

Namun ketika dewasa mungkin nampak sulit untuk mencari ide kegiatan untuk dilakukan pada peringatan Hari Bumi. Nah, tapi jangan khawatir, berikut ada beberapa saran atau ide untuk merayakan Hari Bumi.

1.Pilih buku-buku yang berkaitan dengan Hari Bumi untuk dibaca

Kapan terakhir kali Anda membaca buku tentang lingkungan? Jika jawaban Anda “belum pernah” atau “sudah lama sekali” nah, maka inilah saat yang tepat untuk memulai membaca.  Banyak sekali bacaan yang bisa kita dapatkan dan berkaitan dengan Hari Bumi, seperti sejarah pergerakan para aktivis lingkungan atau bacaan yang dapat menyadarkan kita untuk menjaga lingkungan dan menjaga ‘rumah kita’ Bumi ini.

2.Libur untuk meggunakan kendaraan bermotor.

Mungkin Anda sudah tahu jika emisi gas dari mobil adalah kontributor terbesar dan penyebab global warming. Dalam rangka solidaritas kita terhadap Bumi yang kita tinggali ini mari gunakan 24 jam pada hari Bumi ini untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor. Agar kedepannya anda juga dapat meluangkan waktu untuk memarkirkan kendaraan anda di dalam garasi dan mulai berjalan kaki atau naik sepeda untuk berkendara. Nikmati alam ketika bersepeda, maka anda akan seberapa indah alam yg ada di sekitar.

3.Rencanakan untuk bertamasya. 

Kehidupan masyarakat sekarang ini memang lebih cenderung ke kehidupan di dalam ruangan. Coba di Hari Bumi ini kita merencanakan piknik ke luar ruangan atau di alam bebas, kita bisa menikmati sinar matahari sambil menikmati makanan yang dibawa bersama orang-orang yang kita sayangi. Siapkan keranjang piknik anda dan rencanakan aktivitas yang nanti bisa dilakukan ketika selesai memakan bekal piknik kita, mungkin dengan bermain sepak bola atau aktivitas fisik lainnya.

4.Daur ulang sesuatu yang sudah tidak terpakai

Mendaur ulang adalah hal yang keren untuk menunjukan bahwa kita adalah orang yang cinta lingkungan. Dalam memilah tong sampah di rumah Anda pastikan kaleng dan botol dipisahkan supaya bisa didaur ulang. Tidak hanya berlaku untuk tong sampah Anda kadang kita juga harus memilah lemari pakaian kita. Bisa kita pilih beberapa pakaian yang sudah tidak kita pakai. Seperti celana jeans milik kita yang mungkin bisa didaur ulang menjadi sarung bantal atau menjadikannya ikat rambut yang lucu. Jadi tunggu apa lagi mari kita membuat karya daur ulang mengunakan pakaian yang sudah tidak kita pakai.

5.Uji kemampuan berkebun secara DIY (Do it your self) anda 

Entah Anda seorang yang tinggal di kota dengan ruang untuk menanam yang sempit atau seorang yang sangat berpengalaman dalam hal berkebun, inilah saatnya untuk memperbesar lahan tanam anda. Di Hari Bumi ini, ada baiknya untuk memulai menanam. Mulai dari tanaman kecil-kecil seperti bunga-bunga atau tanaman herbal. Siapa tahu Hari Bumi tahun depan kita sudah punya satu petak taman penuh bunga.

6.Adakan makan malam bersama

Ajak teman anda untuk membawa makanan ke acara makan malam yang Anda adakan. Beri tahu mereka untuk membawa makanan dengan bahan yang segar dan dibeli dari petani lokal. Hal tersebut agar agar kita juga dapat medukung petani lokal untuk tetap menanam dan memberikan bahan makanan segar bagi kita. Jika cuaca mendukung, ajak teman-teman anda untuk menikmati makan malam di luar ruangan supaya dapat menikmati udara segar yang di berikan oleh bumi. (*)


*Reporter: Arwinda Al Muntaz