PROFESI-UNM.COM – Arsitek Kawasan Rumah Adat Sao Mario, Bakhrani Rauf resmi dikukuhkan jadi guru besar. Ia dikukuhkan di Ruang Teater Menara Pinisi pada 10 April lalu.

Bakhrani Rauf merupakan arsitek tunggal kawasan Rumah Adat Sao Mario Batu-batu yang terletak di Desa Laringgi, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Rumah adat tersebut dibangun pada tahun 1989 setelah diberi kepercayaan oleh sepupunya, Andi Mustari pide.

Rumah rancangan Bakhrani ini menjadi salah satu objek wisata di Soppeng karena keunikannya. Memiliki 100 tiang dan beragam pengetahuan tentang uniknya budaya Bugis.

Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) ini meraih gelar profesor Arsitektur Lingkungan di Universitas Negeri Makassar (UNM).Ia merupakan guru besar yang ke-84 di kampus eks IKIP Ujung Pandang ini.

Dalam pidatonya yang berjudul ‘Jamban Zaman Now: Beberapa Perspektif Model’ mantan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT ini menyampaikan bahwa jamban yang diinginkan masyarakat adalah jamban yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Hal yang seperti inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat, di mana kita harus memperhatikan aspek kesehatan, lingkungan, keamanan, dan kenyamanan pengguna,” katanya. (*)

*Reporter: Ryan Subyakto S.