Foto: Int


PROFESI-UNM.COM – Jurusan pendidikan menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang cukup banyak tiap tahunnya. Banyaknya lulusan dan penerimaan guru tidak seimbang. Karena itu, tak sedikit lulusan pendidikan yang bermimpi jadi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum mampu mewujudkannya.

Kondisi tersebut membuat mereka harus memutar otak untuk mencari pekerjaan yang selaras dengan jurusannya. Nah untuk kamu yang ingin jadi guru jangan khawatir, berikut enam pekerjaan yang bisa kamu tekuni  tanpa menjadi PNS dan tetap menjadi penyebar ilmu.

1.Relawan pendidikan

Relawan pendidikan adalah salat satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan selain menjadi PNS. Kamu memang tidak sedang jadi PNS, namun ilmu yang di transfer sangat bermanfaat bagi mereka. Terlebih lagi pendidikan di Indonesia belum seutuhnya rata.

Kamu bisa mengikuti program “Indonesia Mengajar” dan program SM3T (Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Tertinggal, Terdepan) yang digagas oleh Kemendikbud. Selain itu, kamu bisa sekaligus berpetulang. Pengalaman yang kamu dapat akan sangat berguna untuk dirimu kelak.

2. Bikin start up

Bagi kamu yang memiliki jiwa bisnis bisa dimanfaatkan. Kamu bisa membangun start up yang berkaitan dengan pendidikan. Selain membagi ilmu kamu juga masih bisa berpenghasilan.

3. Vidio les online

Di era yang serba dengan teknologi ini kamu bisa memanfaatkannya. Salah satu caranya membuat vidio les online. Kamu bisa membagi ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah dulu. Untuk pekerjaan yang ini, ada beberapa yang sudah sukses.

4. Konselor pendidikan

Kamu bisa membantu orang lain agar tidak salah memilih jurusan dengan menjadi seorang konselor. Dengan ilmu konselor yang kamu miliki, kamu pasti paham tentang sifat serta karakter setiap orang. Untuk itu kamu bisa membantu mereka dan ilmu mu akan bermanfaat.

5. Menulis

Menulis bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan dengan latar belakang apapu. Kamu yang lulusan pendidikanpun bisa menulis. Kamu bisa menulis sesuatu yang berlatar belakang pendidikan. Imajinasi dan kemampuan memang dibutuhkan. Namun, dengan kemauan dan usaha semua akan terasa menyenangkan.

6. Penyiar radio

Pekerjaan yang satu ini lumayan banyak peminat, namun tak semua bisa melakukannya. Kamu bisa menjadi penyiar radio yang mengangkat materi pendidikan. Selain mengandalkan suara, kecerdasanmu juga di uji di sini, kamu harus mampu membuat pendengar merasa nyaman dengan suaramu dan mudah memahami penjelasanmu. Untuk kamu yang memiliki bakat berbicara bisa coba pekerjaan ini.

Nah, itulah enam pekerjaan untuk kamu lulusan jurusan pendidikan. Tak diangkat jadi PNS, jangan khawatir. sebab itu bukan akhir dari segalanya. Tetap semangat, terus berusaha dan jangan menyerah untuk membagi ilmu yah.(*)


*Ratu Fathonah Amalia