LK FIS UNM aksi tolak status BLU di depan Menara Pinisi, Senin (15/4). Foto: Ilham - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi menolak status pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) kampus. Aksi yang berlangsung di depan Menara Pinisi UNM ini, Senin (15/4) diikuti puluhan mahasiswa FIS UNM.

Presiden BEM FIS UNM, Vivin Nugrika mengatakan, aksi ini merupakan bentuk penolakan status BLU yang resmi diterapkan di kampus orange oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada 5 April lalu. Menurutnya, UNM masih perlu membenah diri, olehnya itu status tersebut belum layak disandang kampus oemar bakri.

“Persoalannya sederhana, UNM saat ini masih dihadapkan dengan masalah-masalah yang sejatinya belum layak menerapkan pola pengelolaan keuangan seperti ini,” katanya.

Ia menyebutkan banyak kekhawatiran yang akan setelah status UNM yang dari Satuan Kerja (Satker) berubah alih menjadi BLU. Salah satunya mahasiswa akan mengalami kerugian karena pendapatan UNM bisa jadi bertumpu pada biaya pendidikan.

“Banyak harus diselesaikan, jangan sampai setelah BLU dicap oleh UNM. Biaya pendidikan pun ikut mengalami kenaikan,” sebutnya.

Vivin juga berharap agar pihak Kementrian Keuangan RI dapat meninjau kembali status UNM ini. Pun kepada mahasiswa di fakultas lainnya agar aksi kali ini bisa menjadi pemantik gerakan-gerakan selanjutnnya.

“Menteri keuangan kiranya bisa meninjau kembali kampus ini. Serta aksi ini juga bisa jadi pemantik teman-teman di fakultas lainnya dalam menolak status BLU UNM,” harapnya. (*)

*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B