Nurwilda saat berfoto bersama dua rekannya dalam ajang National University Debating Championship (NUDC). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menorehkan prestasinya ditingkat nasional. Kampus oranye itu mengirimkan tiga delegasinya untuk berjuang dalam ajang ‘National University Debating Championship’. Tiga delegasi tersebut adalah Awal Ahmad Fadhillah dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Andi Naila Quinn Azisah Alisyahbana dari Fakultas Ekonomi (FE), dan Nurwilda dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dua diantara mereka bertindak sebagai pendebat/debater dan satunya bertindak sebagai juri/N1 adjudicator. Dalam seleksi wilayah IX (Sulawesi), terdapat 40 tim yang bertanding dan 8 diantaranya terpilih untuk melanjutkan ke tingkat nasional. Seleksi wilayah tersebut berlangsung di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus Makassar dimulai tanggal 9 sampai 11 April lalu.

Salah satu delegasi pun bercerita, Awal Ahmad Fadhilah menuturkan, kesyukurannya bisa lolos ke tahap nasional. Jika bertolok dari persiapan dengan waktu yang mepet dan pengalaman mengikuti ajang debat yang kurang, ia kembali lagi mengucakan syukur yang teramat dan terima kasih atas semua elemen yang terlibat.

“Fokus latihan juga baru dimulai tanggal 28 setelah seleksi tingkat universitas , jadi waktu latihannya 10 harian saja. Tapi dimaksimalkan memang, dan alhamdulillah sesuai dengan target awal,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Awal ini melanjutkan, selain melaju ke tingkat nasional, mereka juga berhasil mendapatkan predikat best speaker dan best adjudicator. Penentu kemenangan di debat bahasa inggris bukan seberapa lancar dan seberapa lama bisa berbahasa inggris, yang dilihat itu konstruksi argument.

“Kami juga bersyukur karena kita juga mendapat predikat sebagai best speaker dan best adjudicator dalam kegiatan ini. Disamping itu, kami juga berharap semakin banyak mahasiswa UNM yang tertarik terjun ke bidang debat bahasa inggris,” lanjutnya. (*)

*Reporter: Aulia Ayu Aprilia Zabir