Mahasiswa pendidikan sejarah saat membacakan arsip di ruang baca gedung arsip. (Foto- Ist)

PROFESI-UNM.COM- Sebanyak 45 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kunjungan ke Balai Arsip dan Perpustakaan Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel). Kunjungan ini merupakan ajang untuk mengenal tata kelola dan cara merawat dokumen arsip, Kamis (11/4).


Ketua Pantia, Ali Tahir mengatakan kunjungan ini merupakan bagian penting dari mata kuliah Kearsipan dan Perpustakaan. Dalam agenda ini mahasiswa mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung bagaimana proses mengawetkan dokumen arsip diruang restorasi, mengelola arsip dinamis dan arsip statis.


“Kita melihat langsung bagaimana proses dokumen arsip itu diawetkan dengan berbagai bahan kimia. Tujuanya agar informasi yang tertulis di atas kertas itu tidak hilang atau pudar,” katanya.


Selain itu, para peserta dalam kunjungan tersebut juga mengunjungi ruang baca gedung tersebut dan mengakaji beberapa naskah. “Ini merupakan acara terakhir dari kunjungan ini. Mereka (Mahasiswa) membuka beberapa arsip tentang DI/TII di Sulsel, kondisi sosial dan ekonomi Sulsel tempo dulu,” ucapnya. (*)

*Reporter: Arwindah Al-Muntaz