Peserta Olimpiade Sosiologi

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menggelar Olimpiade Sosiologi ke-II. Olimpiade ini akan dilaksanakan di UNM Gunung Sari, Gedung Flamboyan, Jumat-Minggu (12-15/4).

Olimpiade kali ini mengangkat tema ” Mengeksplorasi Dinamika Sosial Dengan Pendekatan Sosiologi Dalam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0″

Ketua Umum, Muhammad Fadli mengatakan peserta olimpiade ini siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliah (SMA/MA) sederajat se-Sulselbar. Jumlah sekolah yang telah mendaftar 30 sekolah dan 324 peserta.

“Sudah tercatat 30 sekolah se-Sulselbar yang ikut. Jika ditotal peserta dari setiap item sudah ada 324 peserta,” katanya.

Fadli juga mengatakan persiapan sampai saat ini akhir rampung berkat kerjasama teman-teman himpunan dan masyarakat pendidikan sosiologi. “Terima kasih untuk teman-teman atas partisipasinya dalam persiapan olimpiade ini sehingga akhir rampung semuanya mendekati kegiatan besar ini, ” ucapnya.

Mahasiswa angkatan 2016 ini berharap, semoga ilmu sosiologi tidak hanya menjadi ilmu yang mengambang atau hanya sebatas menara gading. Ilmu sosiologi harusnya dapat menjadi ilmu yang membumi sehingga posisinya sebagai ilmu kemasyarakatan semakin kokoh dan betul-betul merupakan cerobong solusi bagi setiap permasalahan sosial yang ada. Kaca mata sosial yang efektif untuk menumbuhkan kepekaan sosial terhadap fenomena kekinian yang dinamis dan berpacu dengan teknologi.

Ia menambahkan, selain membumikan ilmu sosiologi kegiatan ini juga sekaligus sebagai perkenalan prodi pendidikan sosiologi yang terus berkembang dari tahun ke tahun. (*)

*Reporter: Nur Fazila