PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor Bidang Kerjasama (WR IV) Universitas Negeri Makassar (UNM) Gufran Dirawan membuka acara seminar sejarah Pengurus Perpustakaan Program Studi Pendidikan Sejarah yang berlangsung di Ballroom lantai dua Menara Pinisi UNM, Selasa (2/4). Dalam sambutannya ia menyebut kajian sejarah akan relevan sepanjang waktu karena sejarah bukan hanya perihal masa lampau tapi tentang masa depan.

“Yang disebut kajian sejarah tidak akan mati, karena sejarah tentang masa depan bukan hanya masa lalu,’ katanya disela-sela sambutan.

Ia juga mengatakan bahwa sejarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari manusia.menurutnya ketika manusia mampu memahami sejarah dengan baik maka peradaban akan mudah dibangun.

“Kalau kita membaca sejarah dengan baik maka kita akan tau bagaimana membangun peradaban,” tuturnya.

Ia berharap setelah kegiatan ini dirinya mendapatkan kesempatan untuk mengkaji sejarah bersama dengan pengurus perpustakaan sejarah. Ia juga turut mengakui kecintaannya yang begitu besar terhadap sejarah.

“Harus saya akui bahwa sampai saat ini saya merasa salah jurusan, harusnya dulu saya memilih jurusan sejarah karena saya begitu mencintai sejarah, meskipun saat ini saya sudah mencapai gelar profesor dibidangku,” akunya yang diiringi gelak tawa peserta.

*Wahyu Riansyah