Mahasiswa yang mengikuti Wisata Edukasi di Malang, Kamis hingga Minggu (28-31/3). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM– Sebanyak 82 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Parepare mengikuti Field Trip Ekologi Wisata Edukasi di Malang. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai Kamis hingga Minggu (28-31/3) lalu.

Koordinator Pendamping, Ila Israwati menjelaskan Wisata Edukasi ini merupakan rangkaian mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Selain itu kegiatan ini merupakan inovasi baru agar mahasiswa tidak lagi menerima ilmu dengan cara monoton tiap semester. “Untuk mengajarkan mahasiswa mengenai buah jeruk secara detail dan bersumber langsung dari pusat buah jeruk, serta memberikan mahasiswa ruang untuk mencari ilmu yang baru dari lingkungan sehari-harinya ” jelasnya.

Selain itu mereka juga mengunjungi tempat wisata yang bernuansa penelitian yaitu Bank Sampah. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, mahasiswa juga mengunjungi beberapa tempat wisata hiburan yaitu, Taman Bunga Selecta, Museum Angkut, dan Kebun Apel.

Terkait dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa yang mengikuti Wisata Edukasi, Andi Salwa mengungkapka rasa senang dengan metode pembelajaran seperti ini. “Saya dan teman-teman yang lain sangat menikmati Wisata Edukasi ini, Selain merasakan suasana baru kami juga mendapat banyak ilmu baru utamanya tentang lingkungan hidup,” ungkapnya.

Wisata Edukasi dipusatkan di Balitjestro yang merupakan tempat penelitian Buah Jeruk, dipandu oleh Agus Sugiyatno selaku Kepala Kerjasama dan Penelitian. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.(*)


*Reporter: Ratu Fathonah Amalia