PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pembahasan Proposal dan Instrumen Penelitian Lembaga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sabtu (30/3).

Kegiatan ini diikuti oleh 8 tim peneliti dengan jumlah peserta 24 orang. 8 tim tersebut dibagi atas 3 Subtema penelitian yaitu, sains, teknologi, dan sosial humaniora.

Tim peneliti dibagi menjadi 3 ruangan sesuai dengan skim penelitian. Setiap tim diberikan waktu untuk mempresentasikan proposal dan instrumen penelitiannya selama 10 menit, selanjutnya akan ditanggapi oleh penanggap ahli.

Risma, Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM Periode 2018/2019 mengungkapkan “Kepengurusan tahun ini terdapat 8 penelitian yang masuk pada tahap pembahasan proposal dan instrumen penelitian,  yakni 2 dari skim sains,  1 skim teknologi, 2 skim pendidikan dan 3 skim sosial humaniora.” Harapannya semua penelitian dapat diselesaikan dan dapat di terapkan pada masyarakat.

Wahyudin, Ketua Umum LPM Penalaran UNM Periode 2018/2019 berharap dengan dilaksanakan pembahasan proposal dan instrumen hasil penelitian ini kedelapan karya penelitian diharapkan dapat diselesaikan dengan baik sehingga nantinya luaran yang diinginkan melalui program ini.

“Semoga ditemukan solusi terkait permasalahan- permasalahan sosial pada masyarakat,” harapnya. (*)

*Reporter: St. Resky Amalia