Pengurus Trisula saat memberikan arahan kepada anggota Diksar ke-XVIII (Foto: Fazila - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Biro Tri Suaka Alam (Trisula) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali merekrut anggota baru dalam pendidikan dasar (Diksar) ke-XVIII. Pengambilan dan pengembalian formulir dimulai 25 Februari hingga 15 Maret 2019 di Taman FIS UNM.

Diksar ke-XVIII ini mengangkat tema “Berilmu, Berpetualang dan Bertrisula”. Tujuannya dapat menciptakan kader-kader yang berilmu, berjiwa petualang, dan menjunjung tinggi kode etik pencinta alam dan organisasi.

Ketua Panitia, Fedrian M mengatakan bahwa perekrutan ini hanya ditujukan kapada mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Kemudian ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan pada Diksar ini di tempat yang berbeda-beda.

“Pengambilan dan pengembalian ini sendiri merupakan tahap pertama. Kemudian, tahapan selanjutnya ialah tes wawancara dan fisik dilaksanakan 16 Maret,” katanya.

Ia menambahkan, dari 21 orang yang mengembalikan formulir, calon peserta tersisa 17 orang setelah melalui tahap kedua yakni tes wawancara dan fisik. Peserta yang lulus ditahap ini, kemudian akan mengikuti technical meeting pada 21 Maret, pembukaan 22 Maret, In door 22-24 Maret di Kampus UNM Gunung Sari, latihan fisik 25-30 Maret, simulasi dan final check 31 Maret, dan tahapan terakhir 2-7 April mendatang.

Mahasiswa angkatan 2016 ini mengatakan, tidak ada persyaratan khusus selain pengambilan formulir untuk perekrutan anggota baru ini, yang penting dia cinta akan alam, lingkungan, dan tidak berstatus anggota di mahasiswa pencinta alam (Mapala), komunitas pencinta alam (KPA), wahana pencinta alam (WPA), organisasi pencinta alam (OPA) ataupun organisasi yang serupa.

“Yang penting terbukti kalau tidak berstatus anggota di organisasi pencinta alam lain, bisa daftar,” ucapnya. (*)

*Reporter: Nur Fazila