Acara pembukaan Proporsi HMPS STatistika FMIPA UNM di Rumah Adat Mandar, Jumat (15/3) - (Foto: Cici - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Program Pelatihan Fasilitator Organisasi (Proporsi). Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Adat Mandar Benteng Somba Opu Barombong, Kabupaten Gowa selama tiga hari yakni 15 hingga 17 Maret 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Ruliana selaku Dosen sekaligus pembina HMPS Statistika FMIPA UNM. Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ikut mendoakan agar kegiatan berjalan dengan lancar. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang hadir dari program kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan HMPS Statistika FMIPA UNM tahun 2019.

“Saya sangat tidak menduga kalian sekreatif ini, kalian sangkut pautkan semua kegiatan himpunan dengan nama dan istilah statistika sehingga yang mendengar namanya sajapun langsung tau ini adalah kegiatan dari mahasiswa statistika,” katanya.

Proporsi dalam statistika, kata dia, berarti keseimbangan. Sehingga ia harap dengan adanya keseimbangan yang cukup untuk peserta dan panitia guna menimba ilmu terkait organisasi ataupun akademik.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semestinya,” harapnya.

Firawati selaku ketua panitia menjelaskan kegiatan ini dilakukan guna untuk mewadahi para lulusan kader Bentuk Eksplorasi Statistika (Beta) untuk menjadi fasilitator sesungguhnya. Proporsi ini mengangkat tema ‘Gerakan Kritis Mewujudkan Fasilitator yang Kompeten dan Loyal Terhadap Lembaga’.

“Kegiatan ini adalah wadah yang tepat bagi para lulusan kader statistika yang telah melewati tahap pertama yang ingin menjadi fasilitator bagi lembaga dan untuk membawa nama lembaga juga. Diangkat tema terkait keloyalan dikarenakan kami menuntut peserta untuk loyal terhadap lembaga maupun program studinya,” jelas mahasiswi yang kerap disapa fira tersebut.

Mahasiswi asal Bulukumba ini juga menjelaskan bagaimana agar dapat mendaftar menjadi peserta proporsi. Dia mengatakan bahwa anggota aktif biasa maupun demisioner pengurus sangat diperbolehkan untuk menjadi peserta.

“Syaratnya sendiri itu yah harus lulus Beta dulu dan sudah pernah menjalani kepanitiaan sebelumnya, walaupun hanya anggota aktif biasa ataupun demisioner pengurus itu tidak masalah,” paparnya.

Peserta Proporsi angkatan pertama ini berjumlah 26 peserta. Rangkaian kegiatan ini berupa Focus Discusion Grup (FGD), pemberian materi, dan out bound. Pemateri sendiri didatangkan dari luar statistika yang dianggap berkompeten di bidang-bidang fasilitator sendiri.

Fira sendiri menjelaskan titik acuan diadakannya Proporsi ini adalah dikarenakan minimnya sumber daya fasilitator yang ada di statistika. Iia berharap setelah Proporsi ini diadakan akan terciptanya hasil yang menjadi fasilitator yang profesional terhadap lembaga.

“Kan ditau sendiri distatistika itu sangat minim fasilitator, makanya diadakan kegiatan seperti ini guna meningkatkan sumber daya fasilitator di statistika. Saya sendiri berharap agar keluaran Proporsi angkatan pertama ini dapat menjadi contoh bagaimana menjadi fasilitator yang profesional dan loyal terhadap lembaga serta menambah pemahaman untuk peserta terkait fasilitator,” harapnya.

*Reporter: Cici Novianti Achmad