Peserta SBMPTN 2017 saat mengikuti ujian di salah satu ruangan di Fakultas Ekonomi (FE) UNM, Selasa (16/5) - (Foto: Muh Agung Eka S - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 akan dibuka pada 10- 24 Juni mendatang. Pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan secara daring melalui laman  http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. 

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017 hingga 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017 hingga 2019. 

Pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pada SBMPTN 2019 harus melakukan beberapa kali ujian. Dalam setahun bisa ujian maksimal 2 kali. Ini adalah kebijakan baru yang dibuat yaitu peserta bisa tes sampai dua kali, daftarnya belakangan. Sedangkan SBMPTN 2018 hanya melakukan 1 kali ujian.
Selain mengikuti UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2019. (*)

*Ratu Fathonah Amalia (Sumber: Website resmi SBMPTN 2019)