Jurnalis Tribun Timur, Muhmmad Ilham Arsyam saat membawakan materi dunia daring. (Foto: Ratu-Profesi)


PROFESI-UNM.COM – Jurnalis Tribun Timur,  Muhammad Ilham Arsyam bawakan materi tentang ‘Media Daring’ di Diklat Jurnalistik Abu-abu (DJAa) 2019 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP – Paud Dikmas) Sulawesi Selatan, Jumat (8/3).

Muhammad Ilham Arsyad menjelaskan, penggunaan media daring terbanyak diduduki oleh Google.com. Pengguna google semakin hari semakin bertambah hingga mampu menduduki peringkat teratas dan menggeser path.

“Berdasarkan data dari alexa google.com menempati peringkat pertama,” jelasnya.

Berkaitan dengan itu, ia mengatakan, anak zaman sekarang telah menganggap dirinya sebagai generasi milenial. Banyak yang berpendapat milenial adalah generasi padahal sebenarnya milenial adalah perilaku berupa hobby selfi dan sebagainya yang banyak pada zaman ini. “Milenial adalah perilaku,” katanya.

Selanjutnya, ia memaparkan mengenai penggunaan internet yang memiliki banyak manfaat ketimbang merugikan. Kita zaman sekarang harus mampu menggunakan internet dengan cara milenial.

“Potensi internet itu sangat besar, bencana besar bila kalian tidak menggunakan internet,” paparnya.

Ilo sapaan akrabnya menegaskan pada peserta untuk memanfaatkan sosial media yang ada sekarang untuk menyebarkan sesuatu yang bermanfaat.

“Tidak ada lagi alasan Anda tidak bikin Instagram,” katanya.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia