PROFESI-UNM.COM – Guru besar Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Djoko Saryono membawakan materi tentang ‘Epicentrum Kebudayaan Akademik’ pada talk show literasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM). Berlangsung di Ballroom Lt. 2 Menara Pinisi, Kamis (7/3).

Prof. Djoko Saryono mengatakan, perlembangan teknologi berkembang pesat, sehingga segala sesuatu telah tergantikan. Namun, hanya satu yang tersisa yaitu nilai kemanusiaan.

“Sekarang hanya nilai kemanusiaan yang tidak diambil alih oleh tekonologi,” katanya.

Ia melanjutkan, sosialisasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak akan ada makhluk yang bisa bertahan hidup tanpa sosialisasi, bahkan teknologipun tidak mampu membantu kita.

“Sehebat-hebatnya, sekuat-kuatnya, sebesar-besarnya makhluk dia tidak akan bisa hidup tanpa sosialisasi. Kalau tidak ada sosialisasi makhluk akan punah,” lanjutnya.

Guru besar UM ini berharap, semoga kita semua bisa menjadi orang hebat dengan merujuk pada sejarah dan mempraktekkannya di zaman sekarang. Namun, jangan terlalu memuja.

“Jangan terlalu memuja yang zaman dulu, jadilah orang hebat pada zaman sekarang,” harapnya.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia