PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM), mampu mencuri perhatian seluruh peserta Diklat Jurnalistik Abu-abu (DJAa) pada agenda pengenalan sekolah masing-masing di Aula BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Rabu (6/3).

Hal ini terlihat dari persiapan materi slide presentasi peserta, tanggapan mereka hingga pada penampilan yelyel memang sudah dipersiapkan dari sekolah. Kegiatan yang dihadiri oleh 55 peserta dari 22 sekolah se-Sulselbar ini memberikan waktu selama tiga menit kepada setiap peserta untuk memperkenalkan sekolahnya.

Salah satu yang menarik perhatian, saat peserta yang berasal dari SMAN 8 Bone memperkenalkan sekolah asalnya. Dalam paparannya, mereka mengaku tetap bersemangat untuk belajar dan menggapai cita-cita meskipun sekolahnya berada di tempat terpencil, terbukti ketika mereka mampu menghasilkan beberapa karya jurnalistik sejenis makalah dan buletin meski estrakurikuler jurnalistik tersebut baru saja dirintis.

“Meskipun sekolah kami berasal dari kawasan terpencil tetapi tidak meruntuhkan semangat kami untuk belajar,” kata A. Adam Batara Putra salah satu peserta dari SMAN 8 Bone.

Tak hanya itu, para peserta juga memperkenalkan kue khas dari daerah mereka. Diantaranya SMAN 3 Polewali dengan Baje, SMAN 1 Barru dengan Bolu Cukke, MAN Selayar dengan Emping dan Tekrek, SMAN 1 Pinrang dengan Karasa, dan SMAN 7 Pangkep dengan Kue Dange. Serta masih banyak lagi kue khas lainnya. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati