Branch Manager PT Kharisma Sentosa Daihatsu Herianto Arruan saat menjelaskan kepada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) di Gedung EJ 206, Senin (4/3) - (Foto: Wahyudin - Profesi)

PROFFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) memperkuat kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri melalui kuliah umum. Dalam kuliah umum tersebut, hadir Branch Manager PT Kharisma Sentosa Daihatsu Herianto Arruan sebagai pembicara.

Kuliah umum yang bertajuk Manajemen Industri Otomotif tersebut berlangsung di Gedung EJ 206 Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM, Senin (4/3).

Dihadapan ratusan mahasiswa otomotif yang hadir, Herianto menyampaikan beberapa perkembangan terbaru dunia otomotif. Erik, sapaan akrabnya, banyak menyinggung kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan otomotif.

“Sistem yang ada di industri otomotif itu membutuhkan manusia. Manusia yang harus dibenahi untuk memperbaiki perusahaan otomotif itu. Manusia yang mampu menjaga kepercayaan, ” kata alumnus Teknik Otomotif FT UNM itu.

Sementara itu, Ketua Juruasan Pendidikan Teknik Otomotif, Syafiuddin mengapresiasi kehadiran industri di otomotif. ” Ini tuntutan masa kini, kampus harus dekat dengan industri,” katanya.

Salah seorang peserta, Junaidi, menyampaikan bahwa kehadiran industri memberikan gambaran kebutuhan industri otomotif di masa yang akan datang.

“Suatu waktu, kami akan selesai. Insya Allah ini memperkaya pilihan kami dalam memilih pekerjaan nantinya,” kata Junaidi yang juga menjabat sebagai Ketua HMO.

Mahasiswa angkatan 2015 ini menambahkan, kuliah umum merupakan rangkaian kegiatan Automotive Days yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Otomotif. “Ini bekerjasama dengan jurusan dan industri. Alhamdulillah kegiatannya lancar,” imbuhnya.

Selain kuliah umum, Automotive Days juga dirangkaikan dengan servis gratis kendaraan dan donor darah. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 hingga 8 Maret 2019. (*)

*Reporter: Ryan Subyakto