Pembukaan Pelatihan Jurnalistik Hima Sosiologi FIS UNM. (Foto: Nur Fazila-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa (Hima) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar pelatihan jurnalistik bertajuk ‘Mengembangkan Kemampuan Investigasi dan Literasi melalui jalur Jurnalistik’. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Flamboyan BE 103, Jumat (15/2).

Ketua Bidang (Kabid) Advokasi, Komunikasi dan Propaganda, Ahmad Adriadi mengatakan ini pertama kalinya Himpunan mengadakan Kelas Jurnalistik. Bekerjasama dengan Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Makassar, pelatihan ini mendatangkan jurnalis dari beberapa media mainstream di Makassar sebagai pembicara.

“Pemateri-pemateri dalam kelas ini berasal dari berbagi media, Yakni AJI, Viva, Tribun dan Profesi,” katanya.

Ahmad Ariadi juga berharap dalam waktu dekat mampu membentuk Biro Pers Mahasiswa di jurusannya. Menurutnya Biro Pers Mahasiswa dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan litearasi mahasiswa.

“Apalagi di fakultas kita belum ada,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Program Studi Sosiologi, Idham Irwansyah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, melalu kegiatan ini keterampilan menulis mahasiswa diasah.\

“Saya sangat bangga karena Hima ini ternyata bisa menjalin hubungan di luar dengan baik, sehingga bisa bekerjasama dengan AJI Makassar, kemudian melibatkan mereka dalam kegiatan kelas jurnalistik ini”. Ucapnya saat membuka kegiatan tersebut.


*Reporter: Nur Fazila/ Editor: Wahyu Riansyah