Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Arifuddin Usman saat ditemui di Pelataran Menara Pinisi. (Foto: Wahyu Riansyah)

PROFESI-UNM.COM– Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Arifuddin Usman dinobatkan sebagai wisudawan terbaik tingkat universitas. Ia berhasil menyelesaikan program doktoralnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 dan masa studi selama 2 tahun 3 bulan.

Hal ini diumumkan oleh Rektor UNM, Husain Syam pada acara wisuda periode kedua (Februari) UNM yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Rabu (13/2).

Arifuddin Usman menyelesaikan program doktoralnya pada Program Studi Sosiologi dengan judul disertasi “Pengembangan Perilaku Sosial Komunitas Suporter Persatuan Sepakbola Makassar (PSM),”. Desertasi tersebut mendeskripsikan dan menganalisis komunitas suporter PSM dalam membangun relasi sosial, baik di antara anggota komunitas maupun di luar.

Ditemui di Pelataran Menara Pinisi UNM, Rabu (13/2). Arifuddin mengungkapkan bahwa apa yang ia peroleh merupakan buah dari kerja kerasnya. “Saya rasa apa yang saya capai saat ini merupakan suatu perjuangan yang cukup berat dan Alhamdulillah saya bisa melewatinya,” ungkapnya

Arifuddin sendiri berprinsip apabila seseorang sudah memiliki tujuan tertentu, akan dapat dicapai jika benar-benar ditekuni. Jangan pesimis, bahkan pada saat lingkungan tidak mendukung.

“Selama menyelesaikan studi, saya pernah mengalami hambatan. Namun hambatan itu bisa saya hadapi,” katanya

Sementara itu, Rektor UNM Husain Syam mengungkapkan kebahagiaannya atas capaian doktor yang diperoleh oleh Arifuddin. “Saya sangat bahagia sebab hari ini salah satu keinginan saya sudah terwujud. Saya ingin semua orang yang terbaik yang ada di sekitar saya harus menjadi seorang doktor bahkan profesor,” tuturnya. (*)


*Reporter: Arwinda Al Muntaz/ Editor: Wahyu Riansyah