Menara Pinisi UNM (Foto: Dok - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Peringkat universitas menjadi salah satu pertimbangan calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi. Salah satu tolak ukur dalam menilai indikator kemajuan seluruh universitas terbaik yaitu dengan menggunakan sistem 4 International Colleges and Universities (4ICU).

Di tahun 2019, peringkat Universitas Negeri Makassar (UNM) turun drastis. Tahun lalu, UNM berada di urutan ke 68. Sementara tahun ini turun 21 angka menjadi 89 di Indonesia.

Bersumber pada 4ICU, urutan pertama diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), posisi kedua Universita Brawijaya (UB), dan posisi ketiga diraih oleh Universitas Indonesia (UI).

Sedangkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Universitas Hasanuddin (Unhas) berada pada posisi 15, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menempati posisi ke 62.

Salah satu tolak ukur dalam menilai indikator dalam kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik yaitu dengan menggunakan sistem 4ICU. Sebuah sistem penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi terakreditasi dari seluruh dunia termasuk Indonesia. (*)


*Reporter: Ratu Fathonah Amalia/ Editor: Wahyudin