Pamflet pelatihan analisis data Labkomat FMIPA UNM (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Laboratorium Komputer Matematika (Labkommat) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menghelat pelatihan analisis data yang mengusung tema ‘Profecient at Analyzing Data with R’. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Laboratorium Komputer Jurusan Matematika gedung FG lantai 3, selama dua minggu berturut-turut di akhir pekan yaitu 9-10 dan 16-17 Februari mendatang.

Ketua panitia, Muh.Irham Rosadi, mengatakan kegiatan ini diadakan tiap tahun namun dengan aplikasi dan tema yang berbeda-beda. “Tahun-tahun sebelumnya kita pakai maple, matlab. Tahun ini seat yang kita sediakan terbatas, hanya 200 seat saja,” ujarnya.

Materi yang terdapat dalam pelatihan tersebut yaitu pengenalan R, statistika deskriptif, uji T, anova dan anakova, dan regresi linear sederhana. Fasilitas yang akan diberikan berupa modul, sertifikat, snack, lunch, dan note book. Untuk harga tiket bagi mahasiswa UNM seharga Rp120.000, sedangkan tiket untuk umum seharga Rp150.000. Transaksi tersebut bisa dilakukan via transfer melalui nomor rekening BRI : 511101012807533 a.n Nurserianti.

Lanjut, mahasiswa angkatan 2016 ini berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk menganalisis data sendiri.

“Kegitan ini juga membantu bagi mahasiswa yang akan atau sedang melakukan penelitian berupa skripsi maupun tesis, karena masih banyak mahasiswa yang belum bisa melakukan analisis data,” lanjutnya. (*)


*Reporter : Aulia Ayu Aprilia Zabir/Editor: Wahyudin