SNMPTN (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Bulan ini pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN)  akan dibuka. Tepatnya pada  4 hingga 14 Februari mendatang. Hal ini pula turut ditegaskan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Muharram.

Dia mengatakan jika pendaftaran SNMPTN akan dimulai bulan ini. sementara kuota mahasiswa baru, yang akan diterima Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk jalur ini sebanyak 30%.

“Pendaftaran SNMPTN dimulai bulan ini, tepatnya tanggal 4 mendatang. Kalau kuotanya sama dengan tahun lalu. Yakni 30% dari keseluruhan yang akan diterima nantinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan, perbedaan dalam SNMPTN tahun ini terletak pada pemilihan jumlah program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dapat dipilih oleh siswa. “Tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Yang membedakan jumlah pilihannya hanya boleh dua prodi (program studi),” kata Ravik seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (31/1).

“Dua prodi bisa dalam satu PTN atau bisa dua PTN masing-masing satu pilihan yang satu jalur (untuk yang dari IPS hanya bisa di Soshum dan yang dari IPA hanya boleh Saintek),” lanjutnya. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah