Abdul Saman, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM periode 2018-2022 (Foto; Int)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) memiliki jumlah Drop Out (DO) dini terbanyak yakni sebanyak 83 orang. Tahun ini, UNM mengeluarkan sebanyak 342 total mahasiswa.

Menaggapi hal tersebut, Abd Saman menjelaskan bahwa faktor akademik adalah faktor utama yang membuat 83 mahasiswa ini dikeluarkan. Diantaranya, yakni tidak melakukan pendaftaran ulang, tidak melulusi sebanyak 30 Satuan Kredit Semester (SKS).

“Ini memang banyak yang tidak mendaftar ulang jadi langsung dikeluarkan dengan sistem. Selama tiga semester awal juga tidak mencapai rata-rata Indeks Prestasi Akademik (IPK) 2,0. Kita tidak bisa mentorelir hal tersebut, ” katanya.

Ia melanjutkan, faktor lain yang diduga menjadi penyebab dikeluarkannya mahasiswa tersebut yaitu karena tidak melakukan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Mendaftar di Universitas/tempat lain, sebagian juga karena bekerja.

“Kami juga dari pihak pimpinan selalu menelusuri kejadian tersebut sesuai visi misi dari fakultas. Ada juga yang menikah, mendaftar di tempat lain,”tuturnya.

Dosen Bimbingan dan Konseling (BK) ini berharap, kualitas pelayanan pendidikan lebib dijaga agara mahasiswa lebih betah dan nyaman dalam mengenyam pendidikan. Sistem rekrutmen kedepannya juga lebih teliti dan diperhatikan.

“Harapan saya untuk tetap berkomitmen dalam meningkatkan kualitas supaya anak anak kita menganggap lebih bagus lebih baik dari tempat lain,” Harapnya. (*).


*Reporter: Rara Astuti