PROFESI-UNM.COM – Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Univeristas Negeri Makassar (UNM), Bakhrani Rauf kembali menciptakan kursi tanpa kaki. Kursi ini merupakan kursi lesehan santai yang diproduksi menggunakan limbah rotan.

Kursi tanpa kaki ini pertama kali diproduksi pada pengabdiannya yang ia lakukan bersama mahasiswanya di Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat pada bulan Oktober 2018 lalu.

Bahrani Rauf mengatakan kursi ini adalah produk lokal. Dibuat untuk memudahkan masyarakat suku Bugis dan Makassar. Kursi tanpa kaki tersebut bertujuan utamanya bagi orang tua ataupun yang sudah lanjut usia.

“Masyarakat kita kalau menghelat acara, model tempat duduknya itu lesehan. Sering kali terlihat orang-orang tua mencari sandaran ketika duduk bersilah saat acara sedang berlangsung,” katanya saat ditemui di ruangannya lantai 3 Menara Pinisi, Senin (7/1).

Mantan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (WD III) Fakultas Teknik (FT) itu menjelaskan bahwa dirinya selanjutnya akan melakukan penyuluhan pada beberapa desa sesuai dengan kondisinya supaya bisa diajak kerja sama dan menjadi desa binaan.

“Hanya yang dekat-dekat sini dulu supaya ada desa binaannya khusus UNM lewat LPM, kalau nanti kita punya kegiatan langsung ke situ karena kita kerjasama,” katanya.

Dalam pemmbuatan kursi tersebut, tidak membutuhkan waktu yang lama. Pada pembuatannya kemarin dibuatkan dulu semua rangkanya setelah itu baru dianyam.


*Reporter: Ratu Fathonah Amalia