Isi pesan teks mengatasnamakan Arifuddin Usman (WR III) UNM (Foto: Pribadi)

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) sore tadi, Jumat (28/12) mendapatkan short message service (SMS) penipuan dengan mengatasnamakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III), Arifuddin Usman.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu alumnus UNM, Suhaldin. Ia mengatakan bahwa dirinya bersama sejumlah rekannya yang di wisuda pada bulan November lalu mendapatkan SMS tersebut pada pukul 16.47 Wita tadi.

“Tadi sore saya dapat. Rata-rata teman alumni otomotif yang wisuda baru-baru mendapat SMS ini,” katanya.

Pesan singkat tersebut berisikan undangan rapat kerja nasional peningkatan kinerja tenaga pendidik dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dalam pesan tersebut juga disebutkan bahwa lokasinya akan dilaksanakan di Hotel Ibis Jakarta pada tanggal 4 dan 5 Januari nanti.

“Benarkah ini atau hoaks?” tanya Suhaldin kepada Wartawan Profesi.

Awalnya, Suhaldin langsung merasa curiga dengan SMS tersebut. Kemudian ia bertanya kepada rekannya, dan ternyata banyak yang mendapatkan pesan tersebut.

Karena tidak memiliki kontak WR III, sehingga ia mengonfirmasi pesan tersebut untuk di sampaikan ke WR III.

“Saya mau cari info yang pasti dulu, kalau di balas kan curiganya pihak yang mengirim SMS ini pasti memberikan pembenaran jadi saya cari pihak yang bisa di percaya dinda,” katanya.

Saat dikonfirmasi, WR III UNM, Arifuddin Usman mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Dirinya tidak pernah menghubungi alumni dengan pesan seperti itu.

“Berita tersebut bohong,” katanya saat di konfirmasi melalui WhatsApp. (*)


*Reporter: Wahyudin