Perayan Pergantian Tahun (Foto: Okezone News)

PROFESI-UNM.COM – Tak terasa sebentar lagi tahun baru. Semua perantau khususnya mahasiswa pasti ingin merayakan pergantian malam tahun baru 2019 bersama kerabat, keluarga maupun pasangan.

Dari beberapa kejadian menjelang malam tahun baru, seringkali kita mendengar tindak kriminal dan kecelekaan di jalan raya atau di tempat kebanyakan orang melakukan perayaan.

Adapun tips-tips aman dalam menyambut malam tahun baru:

1. Tetap waspada daerah sekitar anda

Kita harus tetap waspada orang di sekitar kita dan di tempat keramaian, di situasi seperti tersebut biasa terjadi pencopetan dan pelecehan seksual. Maka dari itu anda harus tetap siaga dan melihat situasi di sekitar anda agar terhindar dari kasus tersebut.

2. Jangan menggunakan dan membawa barang mewah

Persiapkan barang-barang yang anda bawa ketika pergi ke acara malam tahun baru,sebisa mungkin membawa barang secukupnya. Disarankan jangan menggunakan barang yang mewah seperti aksesoris,perhiasan emas dan sebagainya agar terhindar dari tindakan kriminal.

3. Keselamatan adalah nomor satu

Kalau kita ingin merayakan malam tahun baru dengan cara konvoi keliling kota,pastikan anda membawa kendaraan terlebih dahulu. Periksa kendaraan anda sebelum bepergian keluar di jalan raya seperti rem,klakson,lampu kendaraan, tekanan angin ban dan lain-lain. Yang paling terpenting adalah tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menjaga keselamatan berkendara.

4. Merayakan malam tahun baru bersama teman, sahabat dan keluarga

Tidak lengkap merayakan acara pergantian malam tahun baru tanpa bersama teman, kerabat dan keluarga. Tentu lebih menyenangkan ketika kita merayakan pergantian malam tahun baru bersama kerabat dan keluarga,semakin banyak akan semakin seru dan tidak ada yang mau berniat melakukan tindakan jahat karena kita bersama rombongan

5. Memilih lokasi tempat titik berkumpul

Pada umumnya pusat titik-titik tertentu menjadi pusat tempat berkumpul,misalnya di Kota Makassar tempat titik berkumpul biasanya di Pantai Losari. Ketika memilih tempat titik berkumpul acara disarankan dekat dari rumah agar terhindar dari macet dan hemat biaya.


Reporter : Dewan Ghiyats Yan Galistan