Seminar Koalborasi Jurusan Ilmu Administrasi Negara. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara angkatan tahun 2016, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalantung menggelar seminar kolaborasi. Seminar ini berlangsung di Glory Convention Center (GCC) Jalan Sawerigading Sengkang, (21/12).

Acara ini mengusung tema “Pembangunan Wajo Masa Kini dan Masa yang Akan Datang”. Kegiatan ini merupakan bentuk implemetasi Tridarma Perguruan Tinggi (PT) bidang pengabdian sekaligus pemenuhan nilai mata kuliah Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah.

Turut hadir dalam acara ini para Kepala Perangkat Daerah, para Camat se-Kabupaten Wajo, para Lurah se-Kabupaten Wajo, dan Kepala Desa se-Kabupaten Wajo serta para Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Wajo. Turut hadir pula beberapa pemateri, diantaranya Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si. , H.Amiruddin A, S.Sos., .M.M, dan Dr. Hj. Aslinda M.Si.

Salah satu mahasiswa Admnistrasi Negara angkatan tahun 2016, Fatih Ramadhan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Kabupaten Wajo kiat-kiat memanfaatkan potensi daerah untuk menjadikan Wajo sebagai kabupaten yang maju.

“Sesuai dengan tema yang kita usung. Kami ingin berbagi dengan masyarakat setempat bagaimana memaksimalkan potensi daerah ini yaitu, Sutra, Danau Tempe dan Gas Alamnya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Wajo H.Andi Burhanuddin Unru menyampaikan terimakasih karena dipilihnya Wajo sebagai lokasi seminar. Ia menyampaikan pemerintah dan pengusaha dan masyarakat memiliki peran sentral dalam pembangunan berkelanjutan yang merupakan suatu kebutuhan dan aspirasi manusia kini dan masa depan.

H.Andi Burhanuddin Unru membeberkan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Wajo, juga membahas tentang Raja Raja Wajo mulai dari awal berdirinya kerajaan Wajo,membahas pesan-pesan kearifan lokal terkait Sipakatau.

“Wajo merupakan daerah yang memiliki kearifan lokal yang kental. Contohnya nilai-nilai sipakatau,” katanya saat memberikan sambutan.


*Reporter: Wahyu Riansyah