Acara Green School Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Area Asrama Rindam XVII Hasanuddin Kabupaten Gowa, Rabu (19/12) - (Foto: Cici - Profesi)
Acara Green School Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Area Asrama Rindam XVII Hasanuddin Kabupaten Gowa, Rabu (19/12) – (Foto: Arwinda Al Muntaz – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) membentuk karakter siswa melalui Green School. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan hari lahir Sintalaras yang ke-34.

Ketua UKM Sintalaras, Agusriadi mengatakan bahwa kegiatan seperti ini terakhir dilakukan pada tahun 2013. Hanya saja, saat itu, Green School bernama Kemah Karya Remaja Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KKR-KLH).

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif ini menjelaskan bahwa pada tahun ini terjadi perubahan nama karena sasaran kegiatan kali ini juga berbeda. Sebelumnya, KKR-KLH dilaksanakan untuk remaja, baik itu kelompok pencinta alam (KPA) maupun siswa pencinta alam (Sispala).

“Kita kerucutkan untuk pembentukan karakter di usia dini jadi kita ambil di sekolah. Makanya kita gunakan nama Green School,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Area Asrama Rindam XVII Hasanuddin Kabupaten Gowa, Rabu (19/12). Menurut Agus, di tempat tersebut terdapat sebuah Danau Mawang yang memiliki sejarah tersendiri.

“Danau Mawang itu kan salah satu icon Kabupaten Gowa yang belum sempat bersinar,” tambahnya.

Siswa yang mengikuti kegiatan ini diberikan beberapa materi terkait bagaimana menjaga lingkungan hidup khususnya di sekolah. Ia berharap, siswa bisa menerapkan materi yang didapatkan di sekolah masing-masing.

“Semoga mereka bisa memahami dan menerapkan materinya dengan baik,” harapnya. (*)


*Reporter: Cici Novianti Achmad