PROFESI-UNM.COM – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat Kuliah Umum yang bertajuk “Pendidikan Anti Kekerasan di Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini dihadiri oleh Debora Comini dari UNICEF Indonesia¬† Representatif. Acara ini berlangsung di gedung Hall FIP UNM, Selasa (18/12).

Kuliah umum ini membahas tentang minimnya kesadaran anak dalam mengembang pendidikan serta tingginya kasus bullying pada anak di Indonesia.

“Bullying merupakan tindakan yang sangat tidak keren. Kami berharap melalui program yang dicanangkan oleh UNICEF dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak sehingga dapat mengurangi korban bullying” kata Debora Comini saat membawakan kuliah umum.

Survey membuktikan korban bullying kebanyakan hanya memendam masalahnya sendiri dan takut melaporkan baik kepada guru maupun orangtua. Sehingga sangat sulit untuk menanggulangi hal tersebut. Sekolah bebas dari kekerasan UNICEF mendukung pilot disiplin positif dan pencegahan bullying (Perundungan) dengan pemerintah kota Makassar dan Kab. Gowa.

“Semoga melalui pendidikan karakter yang didesain khusus yang memfokuskan pada peran orangtua dan guru bisa mengurangi angka korban bunuh diri akibat perilaku bullyin baik secara verbal maupun fisim” harap perempuan asal Italia ini.

Pembawaan materi di kuliah umum ini menggunakan bahasa inggris dan diterjemahkan oleh Faridah Ogan dosen Prodi Bimbingan Konseling. (*)


*Reporter : Nany Khadijah