Mudik natal dan tahun baru - (Foto: Radar Kampus)

 

PROFESI-UNM.COM – Tak terasa sebentar lagi libur Natal dan tahun baru. Semua perantau khususnya mahasiswa pasti mau merayakan Natal dan tahun baru bersama keluarga di kampung. Sebelum pulang kampung kita perlu mempersiapkan beberapa hal.

Berikut tips-tips sebelum pulang kampung

1. Sebelum mudik, pastikan semua mata kuliah sudah selesai

Memastikan semua mata kuliah sudah selesai dan tinggal menunggu hasil akhir perlu diperhatikan, agar perjalanan teman-teman nyaman. Usahakan memastikan semuanya dengan bertanya langsung pada dosen yang bersangkutan, supaya tidak ada drama ‘katanya-katanya’ saat tiba-tiba dosen menghubungi.

2. Bawa barang perkuliahan yang penting

Bawa barang perkuliahan yang penting, seperti laptop, dan lain sebainya. Tidak ada yang bisa menebak masa depan, siapa tau ada dosen yang berniat memberi tugas tambahan, sebagai pelunas kehadiran teman-teman yang mungkin bolong-bolong, atau sebagai tugas pembuka untuk semester depan. Selain itu juga sebagai jaga-jaga kalau sesuatu tak terduga terjadi di kostnya teman-teman, semisal kebanjiran.

3. Matikan dan cabut perangkat listrik

Pastikan semua sambungan listrik mati, seperti pemanas, dispenser, kipas angin, dan lain-lain. Cek semua bagian yang tersambung dengan listrik sebelum teman-teman berangkat, pastikan semuanya telah mati. Pastikan juga kompor teman-teman sudah mati, dan regulator telah tercopot.

4. Berangkatlah bersama teman jika daerah yang akan kamu lintasi rawan kejahatan

Pulang kampung dengan taman-teman pasti seru dong, selain sebagai pelindung dari kejahatan. Perjalanan teman-teman akan terasa lebih dekat, walau pada kenyataannya jauh banget. Biasanya penjahat akan minder jika melihat jumlah teman-teman banyak, jadi pulang kampung dengan sedikit drama konvoi cukup melindungi teman-teman dari kejahatan.

5. Pamit sama bapak/ibu kost

Pamit baik-baik dengan pemilik kost, kasi tau kalau teman-teman akan pulang kampung dan akan kembali lagi pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan. Jangan malu meminta bantuan bapak/ibu kost untuk selalu memperhatikan kost teman-teman, supaya lebih aman.

Itulah beberapa tips dari saya, semoga liburan teman-teman asyik yah, dan semoga kerinduan yang telah bertumpuk didada bisa meluap dimakan oleh pertemuan.

Reporter: Ratu Fathonah Amalia
Sumber: Kompasiana