Belajar Sistem Kebut Semalam. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Bagi para pelajar atau mahasiswa, pasti tidak asing lagi dengan kata SKS (Sistem Kebut Semalam). Sistem kebut semalam merupakan pola belajar yang dinilai tidak efektif karena menumpuk informasi yang dipelajari secara cepat dan pada saat ujian tiba, materi yang telah dipelajari justru malah terlupakan. Selain itu akan berdampak pada kesehatan dikarenakan kurangnya tidur.

Tapi pola belajar ini terbukti jadi andalan para mahasiswa pada saat musim ujian. Berikut adalah 5 tips belajar sistem tersebut agar ampuh :

1. Isi tenaga dengan tidur siang

Untuk mempersiapkan malam yang panjang, dianjurkan agar tidur siang terlebih dahulu. Tidur siang akan membuatmu lebih tahan lama untuk membuka mata dan tetap terjaga. Jika memang kamu tidak sempat tidur siang, mungkin bisa membatasi aktivitas harianmu agar tidak terlalu padat. Selain itu, konsumsi vitamin C agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

2. Siapkan pendamping dari cemilan dan segelas kopi

Selain menyiapkan kesiapan diri sendiri, kamu juga bisa menyiapkan kopi dan cemilan yang akan menemanimu. Kandungan kafein pada kopi sudah terbukti bisa menghambat zat kimia penyebab kantuk dan bisa meningkatkan adrenalin. Namun perlu diingat tidak boleh lebih dari tiga cangkir per hari.

3. Pelajari materi pelajaran yang dianggap sulit terlebih dahulu

Sebelum memulai memahami materi, ada baiknya kamu menandai bagian mana yang kamu anggap sulit. Fokus pelajari bagian tersebut sampai kamu mulai memahaminya. Saat kamu sudah mempelajari yang paling sulit, beban belajarmu akan sedikit berkurang.

4. Buat kata kunci hafalan

Ketika membaca materi pelajaran, cobalah untuk memahami intisari dari setiap materi, lalu temukan kata kunci dari materi tersebut yang akan memudahkan kamu untuk mengingat. Jika materi terlalu sulit untuk dihafalkan, buatlah singkatannya.

5. Latihan soal yang sudah ada jawaban dan pembahasannya

Jika kamu merasa materi pelajaran terlalu banyak yang harus dipelajari, jalan yang paling akhir adalah berlatih dari soal yang sudah ada jawabannya. Kamu akan mengetahui bentuk-bentuk soal dan pola penyelesaiannya yang mungkin mirip dengan soal ujian yang akan keluar keesokan harinya.

Selain berdampak pada kesehatan, pola belajar ini sangat tidak dianjurkan karena dinilai tidak efektip hanya menghasilkan kantuk dan letih. Namun banyak mahasiswa yang tidak memahami hal tersebut dan tetap berpatok pada sistem yang menguras otak ini.


*Reporter: Aulia Ayu  Aprilia Zabir