PROFESI.UNM.COM– Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pelatihan Lapangan (PPL) Angkatan XVII Pendidikan Luar Biasa(PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar kegiatan Hari Disabilitas Internasional (HDI). Kegiatan yang mengangkat tema Semangat Disabilitas dalam Menggapai Impian ini diselenggarakan di Lapangan Gasis Kabupaten Soppeng, Minggu (09/12).

Muhammad Adipati Juanda Dahlan selaku Ketua Panitia mengaku bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memperlihatkan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat kota soppeng bahwa anak yang berkebutuhan khusus juga harus mengenyam pendidikan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat soppeng lebih peduli akan hal tersebut karena selama ini masih banyaknya anak difabel yang mengalami penindasan dikalangan sebayanya.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat kota soppeng bahwa anak berkebutuhan khusus juga perlu mengenyam pendidikan,” bebernya.

Lanjut, Adipati berharap agar kegiatan ini adalah untuk menyadarkan masyarakat terkhususnya masyarakat kota soppeng akan pentingnya sekolah bagi kaum difabel atau anak yang berkebutuhan khusus. Selain itu hak akan pendidikan terhadap anak difabel di daerah kota soppeng maupun daerah lain bisa terpenuhi sebagai mana mestinya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan penyadaran bagi masyarakat luas pada umumnya,” harapnya.

Peringatan HDI ini diadakan di kabupaten Soppeng untuk pertama kalinya oleh Mahasiswa KKN-PPL terpadu Jurusan PLB FIP UNM. Adapun rangkaian acara pada kegiatan ini diselenggarakan di dua hari yang berbeda yakni :
1. tanggal 03 Desember 2018 yaitu, memperingati Hari Disabilitas Internasional seluruh dunia
2. Tanggal 09 desember 2018 yaitu karnaval pembagian bunga dan hiburan yang ditampilkan oleh anak berkebutuhan khusus.


*Reporter : Helmi Nurrahmah / Editor : St. Reski Amalia