Niko Demus Palembong (Tengah) saat menerima penghargaan sebagai juara satu

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM),  Niko Demus Palimbong merebut tiga medali emas dalam Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Pinrang.

Niko Demus Palimbong mengatakan, selama tiga minggu masa persiapan yang ia lakukan hingga mampu merebut tiga medali emas di cabang lari. Serta, Ia juga ingin membuktikan kepada khalayak bahwa kaum disabilitas dapat bertanding dicabag olahraga.

“Saya ingin membuktikan kepada khalayak kaum disabilitas juga bisa berprestasi di cabang olahraga,” katanya saat dihubungi via Whatsapp, (6/11)

Niko sapaan akrbanya  mengungkapkan bahwa cabang lomba yang diikuti merupakaan klasifikasi ke tunanetraan (Kehilangan fungsi penglihatan) secara total. Adapun lima cabang lomba yang dihadirkan, sperti tennis meja, catur, atletik,  bulu tangkis, dan renang untuk semua ketunaan.

“Setiap klasifikasi ketunaan dibedakan tiap cabang lombanya. Jadi, kegiatan ini dapat adil untuk tiap klasifikasi ketunaan,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2015 ini berharap,  masyarakat tidak memandang sebelah mata kaum disabilitas. Sebab mereka memiliki hak sama dengan masyarakat pada umumnya.

“Semoga kaum disabilitas dapat diterima dan diakui hingga diberi kesempatan yang sama seperti masyarakat lainnya,” harapnya. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah