PROFESI-UNM.COM – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pelatihan Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Polman bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat dan Sekolah Luar Biasa Negeri Wonomulyo gelar karnaval. Kegiatan ini di selenggarakan  dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), berlangsung di Pendopo Wonomulyo, Sulawesi Barat, Senin (03/12).

Asmar Saleh selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah untuk menghapus perbedaan di dalam masyarakat dan mewujudkan bangsa inklusi. Kegiatan ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, diantaranya; pembagian bunga, lomba menyanyi solo, serta fashion show yang diikuti oleh sekolah luar biasa se-Polewali Mandar Majene sebanyak sembilan SLB.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang suka mengejek kaum disabilitas serta meberikan perlakuan yang kurang baik. Padahal mereka juga punya bakat serta kelebihan, mereka sama dengan kita,” kata pria asal Bulukumba tersebut.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa ini berharap kegiatan karnval ini menjadi motivasi bagi para penyandang disabilitas untuk  terus belajar dan berkarya tanpa merasa dibeda-bedakan. “Semoga ini menjadi moment untuk mensosialisasikan bahwa mereka ada bukan untuk dibeda-bedakan,” harapnya


*St. Aisyah Khofifa / Editor: Wahyu Riansyah