Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat aksi Peringati HDI di Pantai Losari. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Aksi Kampanye dalam rangka memperingati momentum Hari Disabilitas Internasional (HDI). Kegiatan tersebut berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Minggu (2/12).

Jenderal Lapangan (Jendlab), Ferian Erlangga mengatakan, aksi kampanye ini merupakan rangkaian peringatan HDI pada 3 Desember, besok. Grand isu yang diangkat pada aksi kali ini, yaitu penuhi hak-hak penyandang disabilitas.

“Kita bisa berkaca pada kampus berakreditasi A, dimana kurangnya aksesibilitas dan pelayanan khusus bagi kaum penyandang disabilitas,” katanya.

ia juga mengungkapkan, seharusnya diera industri 4.0 sarana dan prasarana bagi mereka lebih canggih lagi. Serta, tidak ada lagi diskriminasi bagi penyandang disabilitas.

“Sarana dan prasarana di kampus orange sangat tidak ramah bagi mahasiswa penyandang disabilitas sehingga minat dan bakat mereka sulit untuk tersalurkan. Bukan hanya itu, mereka kerap ditolak untuk melanjutkan pendidikannya dibangku perkuliahan ,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2016 ini berharap, pemerintah dapat menyediakan aksesibilitas dan unit layanan khusus bagi penyandang disabilitas. “Semoga tidak ada lagi diskriminasi bagi mereka, baik dari seki pelayanan maupun sarprasnya,” harapnya. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah