Orang dibegal - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Menjelang akhir tahun, kejahatan begal di lingkungan masyarakat Makassar sangat marak terjadi. Banyak korban dari kejahatan begal termasuk masyarakat dan mahasiswa.

Pelaku kejahatan begal tidak segan melukai hingga membunuh korbannya. Dari kejadian ini, banyak masyarakat dan mahasiswa merasa takut dan resah ketika ingin berpergian. Apalagi waktu malam hari.

Untuk menghindar dari kejahatan begal, berikut ini sembilan tips mengantasipasi dan menghindari kejahatan begal.

Tips mengantisipasi agar tidak menjadi incaran dari komplotan begal.

1.Hindari berpergian pada waktu malam hari.

Beberapa dari kejadian kasus kejahatan begal sangat sering terjadi pada malam hari, walaupun ada juga kejahatan begal di lakukan di siang hari.
Untuk waktu malam sebaiknya tidak bepergian pada pukul 22.00-05.00 Wita. Pada waktu ini yang rawan terjadinya kejahatan begal.

2.Ketika keluar, jangan pergi sendirian.

Ketika anda ingin keluar untuk bepergian untuk urusan yang penting disarankan untuk tidak sendirian.
Usahakan ketika ingin keluar rumah setidaknya anda membawa kerabat anda agar kemungkinan para pelaku begal akan mengurungkan niatnya untuk melakukan aksi begalnya.

3.Hindari menggunakan atribut yang mencolok pada kendaraan.

Dari beberapa kasus kejahatan begal, yang sangat menjadi incaran adalah atribut atau aksesoris yang mencolok pada kendaraan yang digunakan oleh korbannya.Maka dari itu usahakan jangan menggunakan aksesoris kendaraan yang berlebihan dan mencolok karena bisa saja menjadi target dari komplotan begal.

4.Mempersiapkan perlengkapan keselamatan kendaraan

Ketika berpergian jangan lupa menggunakan perlengkapan atau atribut yang lengkap seperti helm,jaket,sarung tangan dan pastikan juga kendaraan anda dalam keadaan yang baik mulai dari gas,rem,kaca spion,kelengkapan surat-surat dan sebagainya.

5.Jangan lupa berdoa ketika berpergian

Sebelum anda berangkat keluar rumah atau indekos, jangan lupa berdoa agar diberikan perlindungan agar terhindar dari kecelakaan, pembegalan,hal-hal yang negatif dan sebagainya.

Tips menghindar dari kejaran komplotan kejahatan begal di jalan raya.

1.Mengetahui jalur jalan yang akan dilalui.

Ketika bepergian ke suatu tempat,maka kenali dulu medan atau jalan yang akan dilalui. Usahakan melewati jalan yang ramai kendaraan,hindari jalan yang sepi terutama pada malam hari.Lebih baik melewati jalan yang jauh asalkan jalurnya ramai.

2.Membawa kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Sasaran utama para komplotan begal adalah ketika calon korbannya mengendarai kendaraan dalam kecepatan normal.Ketika mengendarai kendaraan usahakan kendaraan dalam keadaan kecepatan yang tinggi sehingga komplotan begal lebih jauh lagi mengejar anda.

3.Ketika dikejar komplotan begal,usahakan menekan klakson kendaraan secara terus-menerus

Pada saat dikejar langsung oleh komplotan begal maka anda harus menekan klakson sepeda motor atau mobil anda sambil berteriak minta tolong.Secara otomatis perhatian masyarakat sekitar terfokus kepada anda ketika mendengar suara klakson sambil berteriak minta tolong.Maka komplotan begal tidak melakukan aksi kejahatannya dan langsung lari dari tempat kejadian tersebut.

3.Berhati-hati dengan modus orang yang berpura-pura di jalan raya.

Banyak kejadian kasus kejahatan begal melakukan aksinya dengan modus berpura-pura minta tolong dan menanyakan alamat tertentu pada calon korbannya. Untuk menghindari modus kejahatan tersebut anda sebaiknya jangan berhenti dan pergi dari tempat itu agar terhindar dari modus pembegalan.

4.Jangan melamun saat mengendarai kendaraan.

Ketika mengendarai sepeda motor maupun mobil, usahakan jangan terbawa suasana atau melamun di jalan raya. Karena bisa saja anda tidak sadar sedang dikejar oleh komplotan begal. Maka dari itu anda harus fokus ketika membawa kendaraan di jalan raya. (*)


*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan/ Editor: Wahyudin