Dina Maidiana saat memberikan Kuliah Umum di Gedung Dekanat FT, Senin (19/11) - (Foto: Nismayanti-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kuliah Umum. Kegiatan yang bertema ‘Tantangan Profesi Fashion Designer di Era Revolution Industri 4.0′ tersebut berlangsung di Gedung Dekanat FT, Senin (19/11).

Dina Midiani dari Badan Ekonomi Kreatif salah satu pemateri menjelaskan, Mahasiswa PKK harus bisa menjadi trend senter dalam dunia fashion designer. “Ekonomi kreaktif harus membuat kita menjadi trend senter dan inspirasi bagi orang lain bukan sebagai followers,” tuturnya.

Dina menambahkan, Indonesia memiliki cita-cita menjadi pusat busana muslim dunia. Dengan mengangkat konsep mix and match kebudayaan lokal. Negara yang mempunyai mayoritas penduduk islam terbesar di dunia ini diharapakn bisa menjadi kiblat busana muslim dunia.

“Kearifan lokal yang dimiliki Indonesia bisa menjadi konsep Mix and Match fashion di era revolusi industri 4.0 ini,” tambahnya.

Sementara itu, Srikandi selaku Ketua Jurusan PKK, mengharapkan kuliah umum ini mampu membuka wawasan mengenai tren dan fashion mahasiswa untuk kedepannya. “Supaya mahasiswa mengetahui apa fashion designer kedepannya,” harapnya. (*)


*Reporter: Nur Sri Rahayu dan Ratu Fathonah Amalia/ Editor: Rara Astuti