Suasana simulasi SBMPTN di Ballroom lt. II Menara PINISI UNM yang diselenggarakan oleh Loop x Gramedia, Sabtu (21/4) (Foto: Eka)

PROFESI-UNM.COM – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah salah satu jalur unyuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Tipe seleksi pada SBMPTN ini adalah murni menggunakan nilai tes. Dimana nilai raport, nilai ujian nasional maupun prestasi-prestasi yang kalian dapatkan sama sekali tidak berpengaruh. Dari tahun ke tahun SBMPTN mengalami banyak sekali perubahan. Untuk 2018 dan 2019 sendiri ada beberapa perubahan penting, simak perbedaannya.

Berikut perbedan SBMPTN 2018 dan SBMPTN 2019:

1. Alokasi dan Komposisi Daya Tampung
Pada SBMPTN 2018 memiliki daya tampung yang sangat sedikit yakni 30% dari pendaftar, sedangkan pada tahun 2019 daya tampung SBMPTN bertambah menjadi 40%.
2. Metode Tes
Ujian SBMPTN 2018 berbasis kertas dan komputer atau android, sedangkan pada tahun 2019 ujian SBMPTN 100% berbasis komputer.
3. Jenis Tes
Pada SBMPTN 2018 lalu Ujian terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD), sedangkan pada tahun 2019 Ujian terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).
4. Kesempatan Ujian
SBMPTN 2018 hanya melakukan 1 kali ujian, sedangkan pada SBMPTN 2019 harus melakukan beberapa kali ujian. Dalam setahun bisa ujian maksimal 2 kali. Ini adalah kebijakan baru yang dibuat yaitu peserta bisa tes sapai dua kalii, daftarnya belakangan.
5. Uji Keterampilan
Untuk ujian keterampilan sendiri, pada tahun 2018 SBMPTN mengharuskan ujian keterampilan bagi yang memilih kelompok jurusan seni dan olahraga, sedangkan pada tahun 2019 SBMPTN mengharuskan seleksi portopolio bagi yang memilih kelompok jurusan seni dan olahraga.
6. Perubahan Penyelenggara
Tahun 2018 penyelenggara SBMPTN adalah Panpus SNPMB PTN atau Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri dan bersifat adhoc atau eruah tiap tahun. Sedangkan untuktahun 2019 sendiri penyelenggaranya adalah L2TMPT atau Lembaga Layanan Tes Masuk Perguruan Tinggi yang bersifat permanen dan lembaga ini mempunyai 2 tugas yaitu sebagai pengelola dan pengolah data calon mahasiswa baru.


*Cici Novianti Achmad

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0