PROFESI-UNM.COM –  Pengurus Perpustakaan Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) bedah film The Battle Of Surabaya dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu. Kegiatan ini bertempat di Museum Kota Makassar, Kamis (15/11).

Ketua Umum Pengurus Perpustakaan Sejarah Fatmawati mengatakan Film The Battle Of Surabaya ini adalah salah satu film animasi terbaik di Indonesia. Film ini dipilih untuk lebih mengenalkan kalau sejarah itu tidak hanya dapat disaksikan melalui film yang bergenre dokumenter atau lawas tapi melalui film animasi pun sejarah dapat tersampaikan.

” Film ini kami angkat karena didalamnya menceritakan sedikit banyaknya pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November. Animasi inijuga banyak menceritakan bagaimana peran orang-orang kecil yang sangat berpengaruh di era penjajahan”, jelasnya.

Bedah film ini dilakukan oleh Muhammad Hamka Halim dan Khaeruddin. Mereka adalah mantan pengurus petugas perpustakaan Jurusan Sejarah FIS UNM sebagai Ketua Umum dan Ketua Bidang III masa bakti 2010-2011.

Fatmawati berharap semoga kegiatan ini menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patritisme, baik untuk peserta maupun panitia kedepannya.

“Didalam film ini kita dapat mengutip ‘tidak mesti menjadi orang besar untuk bisa bermanfaat baik itu bagi orang banyak maupun terhadap bangsa'”, tambahnya.


*Reporter: Cici Novianti Achmad / Editor: Wahyu R