peringati insting Gerakan Mahasiswa Olahraga Lintas Generasi gelar unjuk rasa. (Foto: Muhammad Ilham Akbar. B)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Olahraga Lintas Generasi gelar unjuk rasa. Aksi ini berlangsung di Jl. A. Pettarani depan Menara Pinisi UNM, Selasa (13/11).

Koordinator lapangan, Rasyid mengatakan aksi ini sebagai momentum peringatan Insiden Tiga Belas November Gunung Sari (Insting). Peristiwa tersebut merupakan tindakan agresif oknum polisi terhadap mahasiswa di kampus UNM sektor Gunung Sari saat melangsungkan aksi penurunan harga BBM, pada tahun 2014 yang lalu.

“Aksi ini untuk mengingatkan kembali bahwa dulu pernah terjadi tindakan agresif dari kepolisian terhadap mahasiswa UNM,” ujarnya

Mahasiswa angkatan 2016 ini menambahkan, peristiwa Insting adalah bukti bahwa mahasiswa kerap kali mendapat intervensi dari pihak lain, sehingga membuat mereka takut dalam menyampaikan aspirasinya.

“Setiap mahasiswa ingin menyampaikan aspirasinya selalu ada tindakan dari luar yang buat mereka takut dan itu harus dihilangkan,” tambahnya.

Ia pun berharap agar kedepannya tidak ada lagi campur tangan dari pihak lain. Sehingga mahasiswa bebas mengeluarkan aspirasi.

“Semoga tidak ada lagi kejadian seperti Insting ini,” harapnya.


*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B/Editor:Ryan Subiakto