Foto bersama Sakaria dengan Ines Schmitt saat meresmikan Warung Prancis. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Sejak 2014 lalu Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Institut Francais Indonesia (IFI) membuka French Corner atau lebih dikenal dengan Warung Prancis (WP). Gedung yang berlokasi di lantai 2 GedungPerpustakaan UNM ini menyediakan segala informasi tentang Prancis.

Direktur Warung Prancis, Sakaria Masri mengatakan penamanaan Warung Prancis diharapakan menjadi tempat yang ramah bagi semua orang layaknya sebuah warung. “Disebut Warung Prancis karena makna “warung” menggambarkan tempat yang ramah dan terbuka bagi semua orang yang ingin datang belajar,” katanya saat ditemui awak Profesi di Warung Prancis, Lt. 2 Perpustakaan UNM, Jumat (9/11).

Sakaria melanjutkan, Warung Prancis menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk mengenal negeri ayam jantan itu lebih dekat. Fasilitas yang disediakan diantaranya kursus bahasa prancis, pemutaran film, serta berbagai literatur terkait kebudayaan prancis.

“Warung Prancis merupakan perpanjangan tangan bagi mahasiswa yang ingin mengenal kebudayaan prancis,” kata dia.

Ia menuturkan Selama berdiri, Warung Prancis telah mengadakan berbagai event, diantaranya diskusi publik dengan mendatangkan pemateri dari Prancis yakni Ines Schmitt yang merupakan koordinator kerjasama Universitas IFI.

“Salah satu kegiatan besar yang pernah terlaksana yaitu Diskusi Publik dengan mendatangkan pemateri dari Prancis,” tuturnya.


*Reporter: Adriana Jein Padang / Editor: Wahyu Riansyah