Pendaki Gunung. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Musim hujan tak menyurutkan semangat untuk mendaki gunung. Namun sebaiknya, perhatikan beberapa hal berikut sebelum berangkat ya.

Pendakian di musim hujan menjadi lebih berat di banding musim kemarau. detikTravel pernah merasakannya saat perjalanan ke Gunung Slamet.

1. Simpan barang bawaan dalam plastik kedap udara

Sebagai langkah antisipasi seluruh barang bawaan basah karena terguyur hujan, ada baiknya menyimpan barang bawaan dalam plastik. Pilihlah plastik kedap udara agar air sama sekali tidak masuk membasahi barang. Utamakan menyimpan gadget dan pakaian dalam plastik dan usahakan terpisah.

2. Kenakan pakaian hangat dan cepat kering

Ketika musim hujan, angin biasanya berhembus cukup kencang. Supaya terhindar masuk angin yang bisa mengakibatkan tubuh tidak fit, sebaiknya gunakan pakaian hangat sebelum mendaki. Tips lainnya, bawalah jaket atau baju yang cepat kering.

3. Bawa bekal makanan yang memadai

Saat hujan tiba, perut akan lebih sering merasa lapar. Bawalah makanan yang cukup untuk pendakian. Jangan sampai anda kelaparan di tengah hutan dan dalam kondisi hujan.

4. Siapkan ponco

Jika sudah ada tanda-tanda air hujan akan turun, segera kenakan jas hujan atau ponco. Gunanya tentu untuk melindungi tubuh terkena langsung air hujan yang turun deras. Tips, bawalah ponco plastik agar ringkas dalam mengepak kembali dan ringan membawanya

5. Pakailah sepatu ringan dan cepat kering

Sepatu boots memang jadi alas kaki terbaik untuk dikenakan ketika musim hujan tiba. Namun saat pendakian, traveler diharapkan menggunakan sepatu yang dapat dengan cepat kering walau basah terkena hujan.

6. Cek Cuaca

Smartphone saat ini sudah bisa melacak informasi prakiraan cuaca hingga beberapa hari ke depan di suatu wilayah. Oleh karena itu, traveler harus update info tersebut terlebih dahulu sebelum mendaki ya dan pastikan aman untuk pendakian walupun hujan.

Sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim penghujan. Tak hanya itu, musim hujan juga berdampak di gunung dengan membawa angin kencang, hujan lebat disertai kilat atau petir.


*Reporter: Masturi