Kelas Riset HME FT UNM. (Foto: Cici-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik (FT) Univeritas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kelas riset yang bertempat di Lt. 1 Gedung Dekanat FT UNM Parangtambung. Sabtu (10/11).

Ketua Panitia, Ridwan menjelaskan kegiatan ini mengusung tema ‘Aktualisasi Kesadaran Ilmiah Melalui Kelas Riset Menuju HME yang Kredibel’. Kelas Riset ini bertujuan melatih mahasiswa mengolah data dan informasi sesuai fakta untuk menyelasaikan suatu masalah.

“Kegiatan ini tidak lain adalah bentuk pelatihan tentang cara mengolah data dan informasi sesuai dengan fakta, dan bagaimana menangkal hoaks,” kata dia.

Ia melanjutkan, ada sebanyak 60 mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara ini. Mereka adalah mahasiwa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dari kampus UNM sektor Parangtambung dan Pare-pare.

Sementara itu Ketua Bidang Advokasi dan Jaringan ( Kabid III) HME, Hasbi menambahkan bahwa mahasiswa harus tetap aktif dalam merespon perkembangan zaman. Di abad ke-21 akses informasi sudah sangat mudah, sehingga dengan manajemen yang baik maka akan sangat berguna dalam dunia gerakan mahasiswa.

“Demo itu sudah basi. Dengan adanya kelas riset kita mampu memperivikasi data-data yang falid, kita tidak perlu demo lagi, kita sudah punya data yang dapat dipercaya,” imbuhnya.

Ridwan dan Hasbi berharap para peserta Kelas Riset ini mampu menerapkan ilmu yang diberikan. Sehingga oknum yang kerap meragukan kinerja Lembaga Kemahasiswaan dalam mengolah informasi dapat di tangkal.


*Reporter: Cici Novianti Achmad / Editor: Wahyu Riansyah