Penyerahan Sertifikat Akreditas Jurnal oleh Sadjuga, selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti di Ruang Garuda 9 Indonesia Convention Exhibition (ICE), Sabtu (3/11) lalu. (Foti: Ist)

PROFESI-UNM.COMJournal of Education Science and Technology (EST) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), meraih jurnal ilmiah terakreditasi peringkat ketiga secara nasional. Penyerahan Sertifikat Akreditas Jurnal diserahkan oleh Sadjuga, selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti di Ruang Garuda 9 Indonesia Convention Exhibition (ICE), Sabtu (3/11) lalu.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, No30/E/KPT/2018 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 2 Tahun 2018, EST ditetapkan sebagai jurnal ilmiah nasional. Akreditasi berlaku selama lima tahun hingga Volume tujuh Nomor 1 Tahun 2021.

Editor In Chief EST, Ilham mengungkapkan bahwa pada April 2015 EST mulai terbit dalam bentuk cetak, kemudian Desember 2015 EST beralih ke jurnal on-line atau OJS. Hingga di tahun 2017 tulisan jurnal sudah berbasis bahasa Inggris sebagai syarat jurnal internasional dan terindeks Direktori Open Access Jurnal (DOAJ).

“Penulis dapat mengirim tulisan berbahasa Indonesia dan tim editor bahasa akan mengalih bahasakan ke bahasa Inggris,” ungkapnya.

Direktur PPs, Hamsu Abdul Gani mengatakan, bagi mahasiswa doktor syarat untuk mengikuti proses ujian yaitu, publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. “Saya sangat mendukung untuk menumbuh kembangkan jurnal ilmiah di PPs,” katanya.

Guru Besar Fakultas Teknik (FT) UNM ini mengungkapkan, sebanyak 16 jurnal ilmiah yang telah dimiliki oleh PPs. Diantara ke 16 jurnal tersebut ialah, ELT Worlwide berupa Journal of English Language Teaching, UNM Geography Journal, Pinisi Integration Review, UNM Biology Education, Chemistry Education Review, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Daya Matematis, PEP Education Review. UNM Enviromental Journal, Sportive berupa Journal of Recreation, Sport, and Health, Nuansa berupa Journal of Art, Pinisi Discreation Review, Jurnal Dialektika, Elektika, dan Jurnal Administrasi Publik termasuk EST dan telah dikelola secara online.

“Jurnal ilmiah di PPs bukan lagi sebagai keinginan, melainkan sebagai kebutuhan. Hingga peringkat UNM dapat terus meningkat dan melampaui universitas lain,” ungkapnya.

Bagi yang ingin menerbitkan artikelnya dapat mendaftarkan artikel di website secara langsung, dengan mengunjungi link http://ojs.unm.ac.id/index.php/JEST dan dapat menyesuaikan panduan dan template yang tersedia di website. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah