Dekan FIS, Hasnawi Haris bawakan materi pada kegiatan Komisi Pemilahan Umum (KPU) Goes To Campus yang berlangsung di Balroom Teater Menara Pinisi, Kamis (8/11) - (Foto: Masturi-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Hasnawi Haris menjadi pemateri dalam kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Goes To Campus. yang berlangsung di Balroom Teater Menara Pinisi, Kamis (8/11).

Mengangkat tema “Peran Perguruan tinggi dalam Pemilu”. Hasnawi Haris mengatakan, peran perguruan tinggi pada Pemilihan Umum (Pemilu) yaitu sebagai pengawas, fasilitator, pembela, dan edukator. Selain itu, mahasiswa juga tidak boleh anti terhadap politik.

“Peran mahasiswa dalam Pemilu ada empat diantaranya sebagai penngawas, fasilitas, pembela, dan mengedukasi di pemilihan umum,” katanya sembari membawakan materi.

Hasnawi Haris melanjutkan, Caleg yang mengunjungi kampus bukan sebagai ajang promosi, selain itu kampus juga memiliki pimpinan yang bertugas di bidang kerjasama. Sehingga kita tidak bisa meyebut kampus menyediakan penggung gratis bagi calon pemimpin.

“Jangan menganggap partai politik yang datang ke kampus itu sebagai ajang promosi. Tapi peran kita di sini yaitu sebagai pengawal pemilu, selain itu kita ingin lebih mengenal mereka, tidak sekedar tahu namanya saja akan tetapi kita kenal juga orangnya juga,” tutupnya. (*)


*Reporter: Masturi