Syamsu Niang, saat menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan wisudawan UNM, yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Rabu (7/11) (Foto: Helmi-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) hadirkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Syamsu Niang dari praksi Partai PDI Perjuangan.

Alumni eks IKIP Ujungpandang tersebut juga menyampaikan orasi ilmiahnya dihadapan 1000 wisudawan, yang digelar di Pelataran Menara Pinisi UNM, pada Rabu (7/11).

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan, Syamsu Niang merupakan mahasiswa asal Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), yang merupakan bukti bahwa alumni UNM memang unggul dan bisa dibanggakan hingga ketingkat nasional.

“Beliau merupakan alumni IKIP Ujungpandang, kita bisa mengambil contoh dari dirinya dan membuktikan bahwa kampus kita memang pencetak alumni-alumni yang unggul, makanya kita harus bangga dengan almamater UNM,” ungkapnya dihadapan wisudawan.

Salah satu wisudawan dari FIK, Sumarlan mengatakan, kehadiran tokoh politik memiliki nilai tersendiri. menurutnya, Syamsu Niang punya kredibilitas yang tinggi dihadapan wisudawan. Namun, disisi lain dirinya menyayangkan sikap Syamsu Niang saat menyampaikan orasi.

“Pada saat perkenalan dia bawa-bawa nama partai, itu kan tidak boleh, saat berada di podium yang seolah-olah kampanye dan hadir sebagai tokoh politik bukan sebagai alumni. “tuturnya. (*)


*Reporter: Nur Atika/Editor: Wahyu R