Peserta KKN Terpadu UNM sektor Majene menggelar Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS di SMPN 1 Kalukku. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pelatihan Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Mamuju, menggelar Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS. Sosialisasi tersebut berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kalukku, Kabupaten Mamuju, Selasa (6/11).

Adapun tema yang diusung “Say No To Drugs And Importance Of Sex Education”. Sebanyak 61 siswa yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Ketua Panitia, Rahmat Tawil mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan agar siswa dapat memahami bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkup sekolah. Serta dapat menghancurkan masa depan anak bangsa ketika disalah gunakan.

“Kami adakan kegiatan ini untuk memberikan bimbingan penyuluhan mengenai HIV/AIDS kepada siswa SMPN 1 Kalukku,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa narasumber yang dihadirkan telah handal dalam bidangnya. Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Barat dengan pembahasan tentang bahaya Narkoba ketika disalah gunakan, Kapolsek Kalukku dengan pembahasan tentang landasan/jalur Hukumnya bagi yng menyalahgunakan narkoba, dan Puskesmas Kalukku dengan pembahasan tentang pendidikan sex.

“Sebanyak tiga narasumber yang kami hadirkan. Dan ketiga narasumber tersebut telah ahli dalam bidangnya,”

Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) ini berharap, kegiatan ini dapat memberikan pencerahan kepada siswa agar tidak menggunakan Narkoba. Serta tidak terjangkit HIV/AIDS.

“Semoga peserta didik di SMPN 1 Kalukku mampu menjadikan bimbingan penyuluhan ini sebagai pondasi untuk meraih cita-citanya kedepan,” harapnya. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah