42 mahasiswa pendidikan sejarah UNM studi lapangan pulau jawa. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 42 mahasiswa Jurusan pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan praktik lapangan dan studi sejarah di pulau Jawa. Mereka akan berkunjung di beberapa situs sejarah yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan kesejarahan sekaligus pemenuhan tugas mata kuliah. Dan akan berlangsung selama lima hari, yakni tanggal 5-9 November 2018.

Asmunandar, selaku dosen pendamping mengatakan untuk menambah wawasan kesejarahan pada dasarnya tidak cukup dengan metode ceramah atau membaca, mahasiswa perlu turun langsung kelapangan melihat peninggalan masa lampau yang dinilai memiliki nilai sejarah.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa situs sejarah dari masa Hindu-Budha tidak ada di Sulawesi Selatan. Semoga disini mereka bisa melihat dan memaknai objek sejarah tersebut,” kata dia.

Asmunandar berharap, wawasan kesejarahan mahasiswa bertambah luas dan mereka mampu mengeksplorasi situs tersebut mulai dari waktu dibangunnya hingga bagaimna masyarakat sekarang memanfaatkannya.

“Intinya dengan kegiatan ini wawasan mereka terkait sejarah lebih luas lagi,” harapnya.


*Reporter: Awal Hidayat/Editor: Wahyu Riansyah