Ketua Program Studi PPG, Darmawang saat memberikan sambutan dikegiatan orientasi akademik, di Ballroom lt.2 Menara Pinisi UNM, Senin (5/11) (Foto: Wahyudin)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 126 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan terdepan, terluar, dan terbelakang (3T) Universitas Negeri Makassar (UNM) ikuti orientasi akademik. Kegiatan ini berlangsung di Ballroom lt.2 Menara Pinisi, Senin (5/11).

Ketua Program Studi PPG, Darmawang, mengatakan jumlah mahasiswa yang melakukan orientasi ini sebanyak 126 orang yang terdiri dari tujuh program studi.

Prodi Agribisnis Tanaman sebanyak 19 orang, Pendidikan Kimia 20 orang, Pendidikan Fisika 25 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 21 orang, Pendidikan Teknik Mesin 15 orang, Pendidikan Teknik Elektronika 17 orang, dan Perikanan 14 orang.

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan diberlanjut selama dua hari yakni tanggal 5 hingga 6 November. Selama dua hari ini, kata Darmawang, mahasiswa PPG akan di berikan Sembilan materi.

Materi tersebut yakni, Desain PPG Prajabatan, Sistem pembelajaran PPG prajabatan, Kurikulum 2013, Etika dan Estetika Guru Pada, Karakter Guru Pada, Dinamika Kelompok dalam PPG, Kehidupan Berasrama dan Ketahan Malangan, Model Pelaksanaan PPL PPG, dan Sistem Evaluasi Pendidikan Profesi Guru.

“Kegiatan ini akan berlangsung mulai dari orientasi tingkat universitas dan akan dilanjutkan orientasi di jurusan masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Direktur Program Pengembangan Profesi Guru (P3G), Ramli Umar berharap mahasiswa PPG ini nantinya bisa menerima materi dengan baik dan mengaplikasikan di lapangan.

Selain itu, mahasiswa PPG juga diharapkan bisa beradaptasi dengan mudah di lingkup UNM. Karena mereka banyak berasal dari 3T.

“Semoga mahasiswa PPG ini bisa dengan mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan karena ini juga salah satu fungsi orientasi,” harapnya. (*)


*Reporter: Wahyudin