Enam mahasiswa UNM dari Fakultas Teknik (FT) wakili Sulawesi Presentasi Riset Edukasi Roket, Selasa (1/11) (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) satu-satunya perwakilan dari Sulawesi dalam Presentasi Riset Edukasi Roket. Acara tersebut di gelar oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Universitas Muhammadiah Yogyakarta (UMY), Selasa (30/10).

Ketua Tim Srikandi V2 (kategori muatan balon atmosfer), Nirwana menjelaskan bahwa ada dua tim yang lolos untuk mewakili Sulawesi dalam kompetisi nasional yakni tim muatan balon dan muatan roket yang bersaing dengan 64 tim dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Dan kedua tim tersebut berasal dari mahasiswa UNM.

“Saya sangat bersyukur dan bangga karena menjadi satu-satunya mahasiswa UNM dari pulau sulawesi yg mengikuti kegiatan nasional dalam peningkatan riset indonesia,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, cara kerja muatan balon yang ia buat yaitu, ada muatan yg dilengkapi dengan beberapa sensor di dalamnya, kemudia payload tersebut diterbangkan menggunakan balon. Dimana Payload akan mengirim data ke ground station berupa data ketinggian, temperatur, humadity, preassure, arah dan kecepatan angin.

“Adapun pembimbing tim kami yaitu, Satria Gunawan Zain dan Abdul Rahman Patta yang telah membimbing kami mulai dari awal sampai tahap presentasi kali ini,” ungkapnya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (PTE) ini berharap, dengan adanya kegiatan tersebut mampu memberikan peningkatan kemampuan dalam menuangkan ide dan kreasi terhadap teknologi roket.

“Semoga kami mampu melakukan penelitian terhadap teknologi roket dan muatan untuk menyambut rebolusi industri 4.0 dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas riset,” harapnya.

Adapun tim anggota kategori muatan balon atmosfer, yaitu Nirwana, Mutiara Mutmainnah dan Wanda Rahmawati dan Rheostat Space Team (kategori muatan roket) beranggotakan Mudarris, Andi Alpian dan Syutriadi.


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah